Gugup dan Grogi? Inilah Tips Menghadapi Tes TOEFL dengan Percaya Diri agar Skor Tinggi

Tes TOEFL atau Test of English as Foreign Language ialah jenis tes bahasa Inggris terkenal untuk melamar universitas, beasiswa, pekerjaan atau visa di luar negeri. Ketika mengambil tes TOEFL, tentu anda ingin memperoleh skor tinggi dan terkadang rasa percaya diri berkurang. Berikut tips menghadapi toefl dengan percaya diri.

Cara Mempersiapkan Diri Mengambil Tes TOEFL

  1. Belajar di Jauh-jauh Hari

Persiapan belajar yang matang akan membantu anda lebih percaya diri dalam menghadapi tes. Sebab, anda lebih menguasai materi serta format soal sehingga semakin siap. Slain TOEFL, hal ini juga berlaku pada tes atau ujian jenis apapun. Luangkan waktu 2-3 bulan belajar secara konsisten sebelum hari tes.

Juga berlaku sebaliknya, usahakan tidak belajar secara mendadak mendekati tanggal pelaksanaan tes dengan menerapkan sistem kebut semalam. Hal ini karena tidak efektif sehingga mengurangi rasa percaya diri nantinya ketika menghadapi tes. Oleh sebab itu, persiapkan diri dengan belajar konsisten.

Usahakan perbanyak latihan soal sebelum mengikuti tes TOEFL. Kini, ada banyak contoh soal dan pembahasannya yang bisa didapatkan dengan mudah di internet. Anda juga bisa berlatih dari sumber lainnya. Semakin banyak latihan soal yang dipelajari, semakin bagus dan percaya diri menghadapi tes.

  1. Gunakan Bantuan Mentor

Bantuan mentor juga bisa dimanfaatkan agar lebih percaya diri dalam menghadapi tes. Selain membimbing, mereka juga sering memberi semangat serta motivasi berjuang meraih skor tinggi. Adapun mentor yang bisa dipilih seperti guru, sahabat, teman, kakak kelas hingga anggota keluarga.

Namun, sebaiknya yang yang dipilih pernah mengikuti tes TOEFL serta berhasil meraih skor tinggi. Jika masih belum berhasil menemukan mentor, teman belajar jugas bisa sehingga bisa belajar bersama dan saling menyemangati. Dengan begitu, rasa percaya diri dapat meningkat dalam mengerjakan soal TOEFL.

  1. Mencari Sumber Motivasi

Perlu diketahui bahwa motivasi mampu membantu anda meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Dalam hal ini, cobalah mencari kata-kata motivasi sebelum menjalani tes agar kepercayaan diri meningkat. Di era serba teknologi ini, ada banyak orang yang membagikan kisah perjuangannya menghadapi tes TOEFL melalui platform digital.

  1. Melakukan Self-Talk

Tips menghadapi toefl dengan percaya diri selanjutnya yaitu dengan melakukan self-talk atau berbicara di dalam hati dengan bisik-bisik. Ucapkanlah kata-kata positif kepada diri sendiri dengan yakin bahwa bisa lulus dengan skor tinggi. Meski terdengar sepele, tapi hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan diri.

  1. Datang Lebih Awal

Pada hari tes, usahakan datang lebih awal dari jam ujian dimulai sekitar 1-2 jam sebelumnya. Dengan begitu, anda lebih familier dengan lokasi ujian khususnya jika lokasinya masih asing. Hindari datang mepet atau terlambat karena dapat merugikan anda dengan waktu pengerjaan tes yang kurang.

  1. Berdoa

Pada akhirnya, hal utama yang wajib dilakukan dalam menghadapi ujian atau tes yaitu dengan berdoa. Lakukan hal ini sejak persiapan belajar, tes hingga pengumuman hasilnya. Sebab, berdoa akan membuat hati dan pikiran terasa tenang, damai dan nyaman. Setelah berusaha keras, anda hanya bisa mengerahkan semuanya kepada Tuhan sebagai penentu hasil.

Itulah penjelasan mengenai tips menghadapi toefl dengan percaya diri yang bisa dilakukan agar mendapatkan skor tinggi. Rasa percaya diri menghadapi tes memang tidak mudah karena membutuhkan usaha dan doa yang saling beriringan. Maka dari itu, anda perlu mempersiapkannya di jauh-jauh hari sebelum tanggal tes dan belajar secara konsisten.