Penyebab dan Cara Mengatasi Internet Lemot,Efektif?

Internet Lemot disaat penting tentu akan sangat mengganggu. Terlebih saat ini banyak kegiatan yang dilakukan di rumah seperti belajar dan bekerja. Namun jangan panik dulu, yuk kenali beberapa penyebab jaringan internet kamu di rumah lemot dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini.

3 Faktor Penyebab Jaringan Internet Melambat

  1. Gangguan Langsung Dari Operator

Internet yang tiba tiba lambat atau bahkan mati memang akan sangat mengganggu, terlebih bila ada di saat yang penting seperti belajar atau bekerja. Sebelum melakukan sesuatu untuk mengembalikan jaringan internet kamu, maka ada beberapa hal oenting yang harus kamu ketahui dahulu tentang penyebab jaringan internet menjadi lambat.

Salah satu penyebab jaringan internet di perangkat kamu jadi lemot adalah karena gangguan langsung dari operator. Hal ini bisa saja terjadi dan biasanya bila hal ini terjadi akan ada pemberitahuan langsung dari operator sebelumnya. Pemberitahuan ini akan datang melalui pesan singkat atau SMS.

Sehingga kamu bisa mengecek apakah ada pesan masuk ke handphone kamu sebelumnya terkait hal ini. Operator biasanya akan melakukan pembaruan jaringan pada waktu waktu tertentu. Sehingga bila kamu menemui kendala seperti ini kamu juga bisa melakukan konfirmasi terkait gangguan ini.

  1. Pengguna yang Over Kapasitas

Tidak hanya faktor dari operator namun juga faktor jaringan internet lemot juga bisa berasal dari penggunanya. Bila masalah dari pengguna biasanya seperti penggunaan yang berlebihan tidak sesuai dengan kuota. Sehingga bila hal ini terjadi, kamu bisa langsung melakukan pengecekkan apakah kuota internet kamu masih ada dan berlaku.

Selain itu, ada juga faktor lokasi yang memungkinkan susahnya signal masuk atau menjangkau perangkat kamu. Kamu bisa cek apakah lokasi tempat kamu mengakses internet sudah tepat atau belum. Atau kamu juga bisa mencari pilihan lokasi lainnya yang sekiranya bisa mendapatkan signal internet yang lebih baik.

  1. Faktor Lainnya Dari Luar

Selain kedua faktor diatas, ada juga kemungkinan faktor penyebab lainnya yang mempengaruhi jaringan internet yang kamu gunakan jadi lemot. Jaringan internet yang tiba tiba lambat ini juga bisa dipengaruhi oleh pemakaian pihak ketiga atau server lain yang mempengaruhi jaringan kamu.

Sehingga kamu bisa melihat mungkin apakah ada device yang sedang mengakses internet kamu dan berapa jumlah pemakaiannya. Selain itu, kamu juga bisa mengecek internet di aplikasi lainnya. Apakah aplikasi lain tersebut juga sama lemotnya bila dibuka atau tidak. Sehingga kamu bisa mengetahui lebih pasti penyebab internet lambat.

5 Tips Mengatasi Jaringan Internet yang Lemot

  1. Restart Perangkat

Menurut carakami, salah satu cara untuk mengatasi jaringan internet lemot atau tiba tiba melambat ini adalah dengan melakukan restart perangkat. Restart perangkat yang sedang kamu gunakan ini menjadi salah satu cara praktis untuk mengatasi masalah ini. Paling tidak cobalah untuk melakukan restart perangkat selama 30 detik.

Cara ini bisa membuat jaringan Kembali mulai dari awal. Sehingga bila gangguan terjadi berasal dari perangkat yang kamu gunakan, maka Langkah ini akan efektif digunakan. Tidak hanya bisa dilakukan di handphone, namun juga bisa dilakukan di perangkat lainnya seperti laptop atau computer.

  1. Lakukan Update Aplikasi

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan internet yang melambat adalah dengan melakukan update aplikasi. Hal ini dilakukan bila memang jaringan internet dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi atau software yang sedang kamu gunakan. Sehingga kamu wajib untuk melakukan pembaruan ponsel kamu secara rutin ya.

Melakukan update software dalam smartphone ini memang bisa menjadi salah satu pemicu internet yang lemot namun memang masih jarang terjadi. Aplikasi yang ada di perangkat kamu ini biasanya memang akan masih menggunakan data walauapun dalam kondisi tidak terpakai sehingga akan berpotensi memberatkan perangkat kamu.

  1. Memeriksa Ruang Penyimpanan

Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jaringan internet lemot adalah dengan memeriksa ruang penyimpanan. Ruang penyimpanan di dalam perangkat ini akan banyak berpengaruh pada jaringan internet yang digunakan atau pada perangkat smartphone kamu yang menjadi semakin lambat navigasinya.

Kamu bisa memeriksa bagian ruang penyimpanan di dalam handphone kamu dan melihat apakah maish cukup tersisa banyak ruang. Bila dirasa ruang penyimpanan tersebut sudah hampir penuh, maka itu tanda bahwa kamu harus berhati hati dan harus membersihkan ruang penyimpanan kamu segera.

Bila tanda di ruang penyimoanan kamu sudah kurang dari 10 persen, maka itu tandanya kamu harus melakukan bersih bersih data yang tidak digunakan. Bila kapasitas penyimpanan handphone kamu sudah terlalu banyak maka hal ini akan sangat berpengaruh pada sistem operasional handphone kamu lho.

  1. Membersihkan Cache

Selain memeriksa ruang penyimpanan di handphone kamu, kamu juga bisa memeriksa bagian cache. Cache atau file sampah yang tidak digunakan ini biasanya menumpuk dan tidak diketahui. Sehingga masih jarang orang yang sering membersihkan bagian cache ini di perangkatnya seperti handphone.

File sampah atau cache ini biasanya menumpuk akibat penggunaan aplikasi yang tidak ditutup dan masih dibuka walaupun tidak digunakan. Hal ini mungkin tidak disadari namun akan membawa dampak yang tidak baik untuk handphone kamu. Perangkat kamu akan bisa tiba tiba melambat, internet lemot dan bahkan hang.

Sehingga bila tiba tiba jaringan internet kamu lambat, maka tidak ada salahnya bila melakukan pengecekkan bagian cache ini secara berkala. Kamu bisa menghapus banyak file yang tidak digunakan dan akan memberatkan perangkat kamu. Kamu bisa melakukannya dengan rutin ya untuk memastikan perfoma handphone kamu selalu prima.

  1. Cabut dan Pasang Kembali Kartu SIM

Cara berikutnya yang bis akamu gunakan bila tiba tiba jaringan internet kamu lambat adalah dengan melepas dan memasangkan Kembali kartu SIM handphone. Kendala mungkin saja bisa berasal dari perangkat yang kamu gunakan, SIM kartu yang tidak masuk sempurn, atau bahkan bagian soket kartu SIM yang kotor bisa menjadi penyebabnya.

Sehingga kamu bisa melakukan jenis pertolongan pertama ini untuk mencoba mengembalikan jaringan internet kamu Kembali. Selain itu kebanyakan kasus juga bisa dari sisi pengguna yang kelupaan tentang kuota internet yang digunakannya. Pengguna aktif yang menggunakan internet mungkin harus tahu hal ini.

Sebelum melakukan berbagai cara untuk mengembalikan internet diatas, maka Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek ketersediaan kuota. Mungkin tanpa sadar kamu menggunakan kuota internet secara berlebihan sehingga batas pemakaian maksimal sudah terpenuhi yang akan membuat internet lemot.

Itulah beberapa Langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi internet yang tiba tiba lemot. Langkah diatas bisa kamu lakukan sebagai Tindakan pertolongan pertama yang akan membantu mengembalikan jaringan internet kamu. Namun bila masih mengalami gangguan kamu bisa langsung menghubungi call center provider.